Blog Menanam Gaharu

GAHARU

Blog ini dibuat dalam rangka memperingati hari pohon sedunia.

Gaharu adalah salah satu tumbuhan hutan yang sudah mulai sulit ditemukan, padahal gaharu merupakan pohon kayu yang manfaatnya sangat banyak dan jika dijual harganya mahal .  Bisa mencapai jutaan per 1 kilogramnya.

Daun gaharu bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, banyak dijumpai olahannya di pasaran dalam bentuk teh gaharu sedangkan batang kayu gaharu merupakan bahan dasar pembuatan kosmetik, dupa, parfum  maupun  obat – obatan.

Bagian dari kayu gaharu yang diambil adalah gubalnya yang berwarna hitam . Pohon gaharu alam membentuk gubalnya secara alami dengan kualitas gubal yang berbeda-beda, tetapi   pohon gaharu yang ditanam di kebun atau dipekarangan akan membentuk gubal setelah di suntik .

2 hingga 3 tahun setelah disuntik, pohon gaharu perlahan – lahan akan mati. Dalam kurun waktu itulah proses pembentukan gubal gaharu terjadi, sehingga batang kayu gaharu akan berubah warna menjadi kehitam – hitaman. Gubal inilah yang menjadikan gaharu menjadi mahal harganya….

Saat ini banyak pengusaha , baik dari dalam maupun dari luar negeri yang menggeluti dan berminat  membeli gaharu .

Mengingat banyaknya manfaat gaharu, kedepannya,  kayu gaharu akan terus diminati……  sementara persediaan gaharu alam pelan – pelan juga akan habis…. karena itu perlu dibudidayakan  dengan cara yang tepat….

Ayo Mulai menanam sekarang, 7 sampai 10 tahun akan datang anda sudah bisa menjadi pengusaha. Mengatur uang  sendiri, belanja apa yang diinginkan  dengan hasil  keringat sendiri. Apakah anda bermimpi menjadi dokter yang punya klinik sendiri ? atau menjadi pengusaha perumahan ?  Memang lama menunggunya ya… yaah… namanya juga INVESTASI.

Dengan cara : BELAJAR, BERUSAHA   DAN BERDOA, tidak mustahil mimpi itu akan terwujud.

Berikut saya akan bagi – bagi pengalaman menanam pohon gaharu , semoga ada manfaatnya ….

CARA MENANAM POHON GAHARU

  1. Tanam bibit gaharu pada  lubang dengan ukuran 30 x 30 atau 40 x 40 (atau sesuaikan dengan besar bibit yang akan ditanam)

Lubang ini sebaiknya dibuat 2 minggu  sebelum penanaman dan terlebih dahulu tanah hasil galian                          dicampur dengan ¼    sampai ½ kg pupuk kandang )

Pohon gaharu  lebih cocok  ditanam disela pohon2 kayu yang lain,   Mengapa ? Karena pohon ini hanya membutuhkan 40 %-60 % cahaya matahari.

Pertumbuhan pohon gaharu  akan lebih cepat jika tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Jarak tanam antara 1 pohon gaharu dengan pohon lainnya tidak perlu terlalu jauh/lebar… bisa 3 meter , bisa 2 meter bahkan bisa juga 1 meter. Karena itu tanaman ini dapat juga ditanam pada lahan pekarangan .. Gaharu tidak memerlukan tempat yang luas sebab pohonnya tumbuh ke atas gak ke samping….. Jikapun ada gaharu yang mempunyai banyak dahan, sebaiknya dari usia setahun penanaman sudah mulai dipangkas, sehingga menyisakan 1 batang pohon saja.

20141213_080850
Sebelum ditanam, lubang terlebih dahulu dicampur pupuk kandang lalu ditutup kembali dengan Tanah dan dibiarkan selama 1 – 2 minggu

2. Jika gaharu yang ditanam masih kecil dan usianya muda, pada awal awal penanaman perlu dipantau terus perkembangannya, sebab pohon kecil mempunyai  tingkat stress yang lebih tinggi dan lebih mudah terserang hama….

aa-baik-banget
Banyak orang menanam pohon lalu ditinggal, agar pertumbuhan gaharu maksimal sebaiknya dipantau perkembangannya, utamanya pada 2 minggu pertama penanaman….

3. Setelah berumur 3 bulan, sebaiknya gaharu diberi pupuk untuk mempercepat pertumbuhannya.Dosis pupuk yang diberikan tergantung besar dan   umur gaharu (dihitung dari masa tanam)

Jika dosisnya tepat pertumbuhan pohon gaharu akan semakin cepat dan hasilnya juga lebih baik.

Dosis pupuk berbeda – beda sesuai besar  pohon… Terkadang pohon dengan umur dan waktu penanaman sama, tetapi pertumbuhan tinggi dan kesuburan berbeda.

Pemberian pupuk bisa dilakukan :

  • 2 kali setahun setiap 6 bulan
  • 3 kali setahun   setiap 4 bulan
  • 4 kali setahun setiap 3 bulan

Jenis pupuk dipasaran bermacam-macam, boleh gunakan pupuk tabur  tetapi boleh juga pupuk kandang. Harga pupuk kandang lebih murah dan lebih mudah didapatkan. Menaburkan pupuk  jangan terlalu dekat dengan batang pohon, untuk pohon kecil seperti yang saya tanam diatas, sebaiknya 50 cm dari batang pohon.

20150322_172328
Pemberian pupuk disesuaikan dengan besar kecilnya pohon/bibit yang ditanam, dan jarak taburx jangan terlalu dekat dg batang pohon.
  1. Pertumbuhan Gaharu

Dibawah ini ada beberapa foto dengan tinggi dan pertumbuhan yang berbeda, padahal masa tanam dan umur bibit ketika ditanam sama

 

20160131_175118
Gaharu yg saya tanam setahun lalu, sudah setinggi badan saya…

 

gaharu-usia-1-tahun-3-matahari-langsung
gaharu dengan usia tanam yang sama , pertumbuhannya melambat hanya setinggi lutut saya saja…

 

Jadi pertumbuhan pohon gaharu tergantung juga pada kesuburan tanah…. Beberapa pohon gaharu yang ditanam dengan jarak 2 meter, usia pohon dan usia tanam sama, lalu di beri pupuk  yang sama.  1 pohon tumbuh tinggi tetapi pohon lainnya lambat pertumbuhannya.

Ada juga pohon gaharu yang usia pohon dan usia tanam sama, diberi pupuk yang sama, pertumbuhan tingginya sama, tetapi tingkat kesuburan pohon berbeda. Perbedaannya dapat dilihat pada lebatnya daun pada masing – masing pohon.

PEMANGKASAN DAHAN GAHARU

Agar  gaharu yang kita tanam  pertumbuhannya  maksimal, gaharu perlu dikontrol.

Jika mengamati pertumbuhan pohon, kita melihat ada pohon yang mempunyai banyak dahan dan melebar kesamping, tetapi ada pula yang tumbuh lurus keatas dengan 1 batang  saja.

Pohon gaharu yang disukai pembeli adalah yang mempunyai  gubal  banyak yang bisa didapatkan dari batang pohon yang besar. Karena itu disarankan melakukan pemangkasan pada pohon gaharu yang dahannya melebar kesamping .

Berikut cara memangkas pohon gaharu :

  1. Potong dahan yang tumbuh melebar kesamping

 

screenshot_2016-11-12-22-12-06
Agar batang pohon menjadi besar, pangkas dahan yang lebih kecil. Pemangkasan lebih baik  dilakukan ketika dahan pohon masih kecil…

 

Screenshot_2016-11-12-22-05-16.png

  1. Tutupi bagian dahan yang telah dipotong tadi dengan cat. Gunanya supaya kuman/bakteri tidak masuk ke pohon melalui batang yang terluka tadi, karena dapat menyebabkan pohon mati.

Screenshot_2016-11-12-22-10-42.png

Pohon gaharu yang sudah dipangkas dahannya seperti diatas diharapkan akan mempunyai batang yang lebih besar dan kokoh.

Berikut foto gaharu yang sudah dipangkas 5 bulan lalu… gimana perkembangannya menurut anda ?

menanam gaharu
pohon gaharu usia menjelang 2 tahun

Tidak terasa, pohon yang saya tanam pada 13 desember 2014  lalu sudah tumbuh besar dan tinggi, bahkan tangan  sayapun tidak lagi dapat mencapai puncaknya… padahal , saya sekarang juga sudah tumbuh besar lho…. Tidak kecil lagi seperti ketika  saya menanamnya dulu .

Soo…. Tidak ada yang instan di dunia ini…semoga dengan bekerja cerdas, bekerja keras,  sabar dan tekun Insya Allah  akan  mendapatkan hasil terbaik .

Sekian dulu informasi dari saya….sampai jumpa di artikel lanjutan penanaman gaharu . Semoga tulisan  ini akan bermanfaat utamanya bagi peminat bisnis kayu gaharu.

Bagi teman – teman yang punya informasi baru, masukan yang bermanfaat akan saya terapkan langsung pada pohon – pohon yang saya tanam, semoga bisa tumbuh dan berkembang lebih cepat dari yang saya perkirakan.

TIPS TAMBAHAN

–          Sambil menunggu panen , disela – sela pohon gaharu  dapat ditanami tumbuhan rempah seperti jahe merah, serei,kunyit juga buah seperti buah naga, papaya atau buah lain yang dapat dipanen dan dijual dalam waktu tidak terlalu lama.  Disamping kita tidak bete’ menunggui pohon gaharu kita juga sudah dapat menghasilkan sedikit uang untuk membeli pupuk , dan lain – lain.

SEMOGA BERHASIL

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s